KisaH Inke

Jumat, 13 Juni 2008

   Ternyata yang dikatakan orang kalau “Kesempatan nggak bakal datang buat kedua kali”, itu bener ya!!
Ehm... Seperti kisah gue ini. ***


    Di depan sekolah, setelah sekolah bubar...

   “Ke...!!! Tunggu!!!”, pinta Azhar sambil menarik tangan gue, dengan harapan bisa ngehentiin jalan gue di siang nan panas ini.
   “Apaan sih, Har?”, tanya gue sambil ngipas muka pake tangan.
   “Dugh...!!! Ni siang panas banget sih!”, gerutu gue sambil nyindir. “Mana tangan gue digandeng ma cowok yang gak jelas tujuannya lagi!”
   Azhar gelagapan melepas tangan gue. “Sor... Sory, Ke! Gue lupa, abis tangan lo alus banget.. hehehehe...”, jawab Azhar keki.
    “Ya udah, sekarang lo mau apa?”
   “Sebenernya sich nggak ada apa-apa!”, ucap nya lugu sambil menggaruk kepalanya yang nggak trasa gatal. “Se... Sebenernya sih gue Cuma mau ngasih ini ke elo.”, jawabnya sambil menyodorkan bunga mawar merah.
    “Ck.........!!! Bunga...... lagi!!! Kemarin kan udah bunga, kemarinnya lagi juga bunga, apa elo nggak punya inisiatif lain ya?”, tanya gue sewot.
    “Ya abis, gue nggak tau loe mau apa?! Dulu gue pernah ngasih elo coklat, ternyata malah elo buang. Lalu gue ngasih elo kaos, eh... juga eloe kembaliin!!”, jawabnya.
   “Ya gimana nggak gue kembaliin, kaos yang elo kasih ke gue itu kekecilan tau?!”, jawab gue sewot.
    “Ya maaf.. Gue kan nggak tau ukuran badan elo. Tapi.....kalau elo mau sesuatu bilang aja ntar gue beliin deh!” tanya nya bersemangat.
   “Nggak usah, maksih! Nee... bunga elo!”, jawab gue sambil nyodorin bunga.
   “Bawa aja! Tuch bunga khusus gue beliin buat elo kok. Klo gue bawa juga nggak ada gunanya!”, jawabnya.
   “Yah, terserah elo! Loe kasiin ke emak loe kan bisa! Nie...kalo nggak lo e ambil gue buang loh!”, ancam gue.
   Sesegera Azhar mengambil bunganya dari tangan gue, wajahnya nampak kecewa. Tapi, apa daya gue nggak ada feel ke dia.
   “Ya udah gue pulang dulu!”, pamit gue, lalu berangsur pergi dan meninggalkannya sendiri di depan SMA Jenggala.
   “Inke...gue sayang ma elo!!”, teriaknya ke gue.
   Pertemuan itu, ternyata pertemuan terakhir antara gue dan Azhar selama setahun ini. Azhar seperti hilang ditelan bumi. Entah, apa yang dia lakukan setahun belakangan ini. Dia sama sekali nggak pernah nongol di depan sekolah gue. ***

  
  Di kantin sekolah...

   “Me...!!! Gimana kabar Azhar?”, tanya gue lembut pada Meme, teman Azhar.
   “Nggak tau!”, jawabnya singakt.
   “Paling-paling lagi sibuk ma kerjaannya kali! Napa nanya-nanya? Tumben!”, sambung Meme ketus.
   “Ya nggak papa!”
   “Percuma Azhar kesini! Toh yang ada ntar dia sakit hati lagi!”, jawabnya sewot.
   “Iih..........Meme, kok sewot sih!”, rengek gue.
   “Iya, Ke! Kalau Azhar kesini yang ada dia sakit hati, karena loe cuekin!”, jawabnya kali ini hanya bisa bikin gue diem.
   “Udahlah, Ke! Loe nggak usah nanyain Azhar lagi! Sekaran dia udah dapet cewek yang pas, bahkan dia mau merid ma tuh cewek!”, jelasnya. Gue bingung, gue nggak tau gue kudu gimana.    Kepala gue rasanya berat banget! Gue Cuma tau, kalau gue kudu pergi sebelum Meme ngomong yang isinya Cuma bikin hati gue ngejerit. ***

 
  Malam harinya ( pukul 20.30)...

   “Malem Tante! Inkenya ada?”, tanya Lus,i sahabat gue.
   “Ada, dikamar! Dari tadi diem terus, Lus!”, jawab Mama. Lusi hanya menanggapi dengan seulas senyum.
   “Ya udah, saya mau izin ke kamar Inke dulu, Tante!”
   “Ya, ya! Silahkan! Kalau bisa bujuk Inke makan, yah! Soalnya dari pulang sekolah sampai jam segini dia belum makan!”, ucap Mama sambil menepuk bahu Lusi.
   “Iya Tante, saya usahakan!”, jawab Lusi sambil melangkah ke kamar.
   “Tok...tok...tok...!”, bunyi ketukan pintu.
   “Ke, ini gue. Lusi. Boleh gue masuk?”, tanyanya.
   “Iya, Lus. Masuk aja!”, jawab gue sambil nyeka air mata.
   “Ya ampun! Loe kenapa, Ke?”, tanyanya sambil memeluk gue.
   “Loe kenapa? Kok loe sampe kayak gini?”, ulang Lusi.
   “Azhar, Lus...! Azhar!!”, jawab gue sambil nangis.
   “Azhar?”, tanya Lusi sambil megingat.
   “Oh... Azhar yang suka nungguin elo di sekolah? Azhar yang suka ngehadang elo kalau mau pulang ato berangkat skul? Azhar yang suka ngebeliin loe barang-barang yang nggak mutu? Azhar yang...”, tanya Lusi menggebu.
   “Iya.... Azhar yang tiu!”, sahut gue sambil melepas pelukan Lusi.
   “Ada apa ma Azhar? Dia sakit?”, tanya Lusi. Gue menggeleng.
   “So......??”, dahi Lusi mulai mengkerut.
   “Azhar mau merid, Lus!”, jawab gue sambil nangis lagi.
   “Ya syukur donk! Kalau gitu kan dia nggak bakal nggangguin elo lagi!”, jawab Lusi tenang. Tangis gue makin menjadi.
   “Upz....!! Omongan gue salah yach??”, tanya Lusi lugu dengan wajah bersalah. “Lalu kalau Azhar merid, apa hubunganya ma elo?”, tanya Lusi.
   “Gue nggak mau Azhar merid!!!”, jawab gue emosi.
   “Kenapa?? Bukannya loe nggak sayang ma dia?”, tanya Lusi, tiba-tiba suatu pemikiran terlintas di otaknya. “Atau.......jangan-jangaaan loe.... Loe suka ma Azhar?”, tanya Lusi pelan.    Gue cuman ngangguk, gue pasrah, gue...
   “Gue... gue!!”, jawab gue terbata sambil nyeka air mata. “Gue juga nggak ngerti, Lus, kenapa gue kayak gini! Gue tau, gue nggak seharusnya suka ma cowok yang uda gue sia-siaan!! Tapi.....”, air mata gue kini udah bener-bener nggak bisa ditahan, kata-kata yang gue ucapin makin nggak jelas.     Untung, Lusi bisa pahami dan segera meluk gue.
   “Udah!! Sabar yah, Ke!!!, tuturnya lembut.
   “Gue, gue sayang ma Azhar! Tapi, gue baru sadar setelah Azhar ngilang setaun ini, Lus!”, jawab gue agak tenang.
   “Ya ampun!! Lalu harus gimana??”, tanya Lusi menggeleng. ***

    2 hari kemudian, sepulanh sekolah...

   “Inke!!!”, panggil seseorang, gue celingukan.
   “Hei..!!!”, tegur seseorang itu.
   “AZHAR!!!”, jawab gue riang.
   “Ih... Loe makin cantik, makin manis!”, pujinya. Gue bener-bener tersipu, jujur baru kali ini gue tersipu dipuji Azhar.
   “Loh, kok senyum sendiri sih!”, godanya.
   “Apaan sih!”, jawab gue malu.
   “Ehm.... Lama yah nggak ketemu!”, ucapnya basa-basi sambil menjajari langkah gue pulang.
   “Kangen yah?”, goda gue. Reaksi Azhar tetep sama, gelagapan. Sembunyi-sembunyi gue menahan tawa melihat reaksinya itu.
   “Iya, kangen juga sih!”, jawabnya sambil menggaruk kepalanya yang lagi-lagi nggak gatal.
   “By the way, yang loe bawa itu apa?”, tanya gue penasaran, saat melihat tangan kanannya menyembunyikan sesuatu. Dalam hati, gue berharap dia ngasih mawar merah, yach...kayak dulu.
   “Oh.... Ini!!!”, jawabnya sambil menyodorkan kertas.
   “Apa ini?”, tanya gue.
   “I... Ini undangan!”, jawabnya.
   “Undangan?”, jawab gue terkejut. Hati gue mulai k
hawatir.., kalau-kalau undangan itu....
   “Ini undangan nikah gue!!”, jawab Azhar malu-malu. Tanpa gue sadari air mata gue menetes, gue Cuma bisa diem dan nutup mata.
   “Lho....!!! Loe kenapa, Ke? Kok nangis??”, tanya Azhar bingung.
   “Nggak, nggak apa-apa!! Gue...”, air mata gue mulai gue seka agar ucapan gue bisa terkontrol.
   “Gue kelewat seneng dengar berita ini! Sampai-sampai air mata gue keluar deh!!”, jawab gue berusaha tenang, sambol menyuguhkan tawa yang sakit.
   “Oh...!! Makasih kalau gitu! Jangan lupa datang yah, Ke! Soalnya elo adalah kado yang paling gu tunggu di acara pernikahan gue.”, pintanya lembut.
   “Pasti! Pas..ti gue dateng!”, jawab gue mengiyakan.
   Tapii dalam hati gue berucap “Maaf, Har, gue nggak bakal bisa dateng, gue nggak bakal kuat!”.
   Perlahan Azhar mendekati wajah gue, dan mengecup dahi gue lembut. Air mata gue makin deras jatuh. Azhar kemudian meninggalkan gue sendiri di depan rumah. Sayup-sayup terdengar alunan lagu yang dibawakan oleh Rosa:


   
    Dahulu kau mencintai ku..
       Dahulu kau menginginkan ku..
       Meskipun tak pernah ada jawab ku..
       Tak berniat kau tinggalkan aku..
       Sekarang kau pergi menjauh...
       Sekarang kau tinggalkan aku..
       Disaat ku mulai mengharapkan mu..
       Dan ku mohon maafkan aku..

       Aku menyesal tlah membuat mu menangis,
       Dan biarkan memilih yang lain..
       Tapi jangan pernah kau dustai takdir mu..
       Pasti itu terbaik untuk mu...











1 komentar:

kartop mengatakan...

kesempatan tidak datang dua kali itu bener. tapi di depan masih banyak kesempatan dengan model lain yang mungkin lebih baik.